Kamis, 24 Maret 2016

8 Kapsul waktu Yang Terkenal


Kapsul waktu adalah koleksi artefak sehari-hari yang tertutup dan sengaja di simpan untuk jangka lama yang kemudian dibuka oleh generasi baru beberapa tahun atau mungkin puluhan tahun kedepan bahkan ratusan tahun kedepan.

1. The 1876 Century Safe.

Petama kali perencanaan kapsul di dunia pada tahun 1876, ketika majalah New York penerbit Anna Deihm mengumpulkan "century safe" di AS Centennial Exposition di Philadelphia. Kotak besi yang berisi dengan segala peninggalan abad ke-19 seperti Pena emas dan tempat tinta, sebuah buku tentang kesederhanaan, koleksi tanda tangan Amerika dan gambar foto Presiden Ulysses S.Grant dan politisi lainnya yang di ambil oleh fotografer Mathew Brady.
Setelah di segel pada tahun 1879 kotak itu di bawa ke U.S Capitol dan diletakkan di Portico Timur. Banyak orang yang hampir lupa dengan kotak itu namun akhirnya ditemukan kembali dan dibuka sesuai jadwal pada tahun 1976 di bulan juli selama perayaan 2 abad. Upacara di hariri oleh Presiden Gerald Ford. Senator Mike Mansfield mengatakan bahwa dia sangat terhormat bisa membuka ini dan membaca surat keinginan  dari seorang wanita yang berusaha berbicara kepada kita dari masa lampau.

2. The Crypt of Civilization.

Kebanyakan kapsul waktu hanya berisi beberapa pernak-pernik dan surat-surat, tetapi universitas Oglethorpe "Crypt of Civilization"(Peradaban Crypt) melestarikan semua pengetahuan untuk anak cucu. Proyek ini merupakan ide dari kepala universitas Thornwell Jacobs yang percaya mungkin akan menjadi catatan berharga bagi para arkeolog di masa depan. Awal tahun 1937 dia mengubah sebuah ruang bawah tanah digedung administrasi menjadi museum peradaban yang penuh dengan segala sesuatu dari 640.000 buku mikrofilm, teks-teks keagamaan, wadah bir dan satu set mainan Lincoln Log. Lemari itu bahkan diberi sebuah "intergrator bahasa" yang spesial untuk membantu mengajar bahasa inggris bagi siapa pun yang mungkin akan menemukannya. ruangan itu di las dengan besi stainless steel yang kedap udara. Jacobs memutuskan bahwa ruangan itu harus tetap tertutup untuk 6177 tahun kedepan, jumlah yang sama dari waktu ke waktu yang diduga telah berlalu sejak awal sejarah yang tercatat.

3. The Westinghouse Time Capsules.

Tema masa depan 1939 New York World Fair, Westinghouse Electric dan Manufacturing Company ditanam didalam silinder yang berbentuk seperti tornado sedalam 50 kaki di arena pameran Flushing Meadows.
Silinder ini awalnya disebut dengan "Bom Waktu" tapi namanya berubah setelah Humas Westinghouse menciptakan istilah yang sekarang banyak dikenal orang yaitu "Kapsul Waktu". Kapsul waktu yang lain juga di kubur di dekat kapsul Westinghouse pada tahun 1965, dan keduanya dijadwal akan dibuka pada tahun 6939, 5000 tahun sejak kapsul pertama di tanamkan.
Barang-barang dalam kedua kapsul berisi koleksi biji-biji benih, logam dan tekstil, mikrofilm dan warta berita dan barang-barang harian seperti catatan grup band Beatles, bikini, sebungkus rokok Camel dan cangkir kecil bergambar Mickey Mouse. Kapsul 1939 juga berisi surat dari fisikawan Albert Einstein yang memuji kemajuan ilmiah dan juga menambahkan bahwa " Orang-orang yang hidup di berbagai negara saling membunuh pada interval waktu yang tidak teratur, sehingga juga untuk alasan ini setiap orang yang berpikir dengan masa depan harus hidup dalam ketakutan dan teror".

4. The Detroit Century Box.

Tak lama setelah jam berdentang tengah malam pada tanggal 1 januari 1901, walikota William C.Maybury menyegel tembaga kapsul waktu di balai kota lama Detroit dan mengumumkan bahwa itu tidak akan tersentuh selama 100 tahun. Pada tahun 2000 di bulan Desember walikota Detroit Dennis Archer akhirnya membuka "Century Box", yang didalamnya ditemukan beberapa lusin surat yang ditujukan untuk dimasa depan yang ditulis olehpemimpin bisnis dan politikus kota. Sebagian besar surat-surat resmi itu mendeskripsikan keajaiban Detroit pada tahun 1900 bersama dengan renungan-renungan tentang kehidupan seperti apa di abad ke-21, salah satu surat dari Maybury yang berisi "berapa cepat kau berpergian?" bertanya kepada masa depannya saat ini. "Kami berbicara melalui telepon jarak jauh ke kota-kota terpencil di negara kita sendiri.. Apakah anda berbicara dengan orang asing dari pulau lain dan ke pulau-pulau di laut sana dengan metode yang sama?". Ada beberapa ramalan lain yang tidak begitu akurat, beberapa spekulasi mengatakan bahwa Kanada dan Ontario akan menjadi negara bagian AS dan Metropolitan Komisaris Polisi menulis bahwa "Tahanan tidak akan dikirim melalui kurungan sel dalam mobil,tapi dikirim melaui mesin terbang atau semacamnya".

5. The Expo ’70 Time Capsule

Tahun 1939 bukanlah satu-satunya tahun yang sangat ambisius akan kapsul waktu. Tahun 1970 expo di osaka Jepang, Raksasa elektronik Panasonic membangun kapsul berbentuk ketel yang dirancang tidak dapat dibuka hingga 5000 tahun. Wadah utama dipenuhi dengan lapisan pelindung dan disisi dengan gas argon inert untuk melindungi isinya. Pemimpin proyek membuat kontrol kedua yang bisa dibuka, diperiksa dan dibersikan untuk memastikan semua tetap utuh dan tidak rusak. Pembukaan pertama pada tahun 2000 dan selanjutnya akan terjadi pada interval 100 tahun. Secara total setiap kapsul berisi kargo dari 2.098 objek budaya yang signifikan. Jika dua kapsul bertahan sampai tanggal pembukaan yang direncanakan dari 6970 AD, pemilik masa depan mereka akan menemukan koleksi film, biji dan mikroorganisme serta kimono seremonial, sebuah Slinky dan bahkan kuku menghitam yang selamat dari tahun 1.945 saat bom atom di Hiroshima.

6. The Massachusetts State House Time Capsule.

Kapsul waktu tertua yang diketahui di Amerika Serikat adalah dari pekerja Samuel Adams dan Paul Revere. Pada akhir tahun 2014 tukang ledeng air di Massachusetts State House menemukan sebuah kotak kuningan dari 2 mantan Sons of Liberty yang ditempatkan dilandasan untuk pembangunan kembali pada tahun 1795. Kotak itu sudah pernah dibuka pada tahun 1855 untuk dibersihkan dan penambahan artefak baru. Ketika akhirnya diuka pada tahun 2015 ditemukan harta artefak yang terawetkan termasuk koran, koin tahun 1600-an, sebuah halaman dari Massachusetts Colony Records dam medali tembaga dengan gambar "General of the American Army" George Washington. Yang paling menarik dari semua adalah perak plak kemungkinan besar karya Revere bertuliskan, "landasan ini bangunan yang ditujukan untuk penggunaan legislatif dan eksekutif dari pemerintah Persemakmuran Massachusetts diletakkan oleh-Nya Mulia Samuel Adams , Esquire, gubernur Commonwealth".

7. The Juneau Time Capsule.

Juneau, Alaska Federal Building mempunyai daya tarik unik yang tak biasa untuk kapsul waktu, ruangan yang dilengkapi oleh frame kaca. Pertama ditutup pada tahun 1994 ruang sebesar 9x6 ini dikemas dengan ribuan memorial kenangan oleh penduduk setempat sebagai bagian dari proyek seluruh kota. Obhek-objek itu adalah peninggalan relic dari tahun 90an, sony walkman, boneka barbie dan ada juga surat licenci berkendara yang sudah tua, kenangan-kenangan suatu keluarga dan sebuah kotak yang berisi menu dari semua restoran di Juneau, ada juga surat-surat yang ditulis oleh anak-anak sekolah untuk siswa dari masa depan. Salinan catatan dipajang dan dipamerkan beberapa tahun kemudian, namun aslinya tetap berada di dalam kapsul waktu hingga sampai Peringatan tahun baru 2094 yang dijadwalkan akan dibuka setelah 100 tahun. Isi salah satu surat siswa ini berkata "Jika kamu ingin mengikutsertakan saya kedalam buku sejarah sebagai anak kelas lima terbaik tahun 1994-1995, lanjutkan dan lakukanlah".

8.  The Future Library.

Perpustakaan Masa Depan artis Skotlandia Katie Paterson adalah sebuah kapsul waktu sastra yang akan menjadi pembagunan masa kini. Mulai tahun 2014 , seorang penulis yang baru akan diundang untuk menyerahkan sebuah novel , puisi atau teks tertulis lain untuk proyek setiap tahun selama 100 tahun . Pada 2114 , seluruh koleksi akan dipublikasikan sekaligus - tidak diragukan lagi anumerta bagi banyak kontributornya. Hutan 1.000 pohon telah ditanam di luar Oslo , Norwegia untuk memasok kertas untuk pencetakan. Tak satupun isi dari karya-karya teks dan puisi yang boleh di ungkapkan kecuali hanya judulnya saja. Novelis Kanada Margaret Atwood menyerahkan naskah pertama yang diberi judul "Scribbler Moon" pada tahun 2014, dan penulis Inggris David Mitchell orang kedua di tahun berikutnya, naskah mereka bersama dengan 98 judul akan datang dari penulis lain yang akan diadakan di perpustakaan umum di Oslo sampai pembukaan resmi mereka di abad ke-22.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar