Sabtu, 12 Maret 2016

10 Binatang Terkecil

 10. Sphaerodactylus Ariasae

Sphaerodactylus Ariasae , Sphaero Jaragua atau tokek kerdil , adalah spesies Gekkonidae yang sangat kecil dalam genus Sphaerodactylus . Ini adalah salah satu dari dua reptil yang diketahui terkecil di dunia ( yang lainnya adalah parthenopion S. , asli Kepulauan British Virgin ) . Panjang Jaragua Sphaero 16-18 mm dari moncong ke pangkal ekor dan tak lebih besar dari US koin 25 sen.
Spesies ini pertama kali dijelaskan oleh Blair Hedges , seorang ahli biologi evolusi dari Pennsylvania State University , dan Richard Thomas , seorang ahli biologi University of Puerto Rico , di bulan Desember 2001  Karibia Journal of Science.


9. Leptotyphlops carlae

Barbados threadsnake (Leptotyphlops carlae) adalah spesies threadsnake buta. Ini adalah spesies ular yang diketahui terkecil anggota dari keluarga Leptotyphlopidae dan hanya ditemukan di pulau Karibia Barbados.
Ular ini pertama kali diidentifikasi sebagai spesies yang terpisah pada tahun 2008 oleh S. Blair Hedges, seorang Herpetologis dari Pennsylvania State University. Hedges menamai spesies baru ular ini untuk menghormati istrinya, Carla Ann Hass, seorang Herpetologis yang merupakan bagian dari tim penemuan. Spesimen sudah ada di koleksi referensi di Natural History Museum London dan di sebuah museum di California.
Panjang rata-rata ular dewasa Leptotyphlops Carlae adalah sekitar 10cm (3,9 inci ) dengan spesimen terbesar yang ditemukan sampai saat ini berukuran 10,4cm ( 4,09 inci ). Ular yang dikatakan oleh Hedges itu menjadi seperti mirip spaghetti. Foto di atas menunjukkan Leptotyphlops Carlae pada koin dollar 25sen , koin dollar 25sen dengan diameter 24,26 mm ( 0,955 inci ).


8. Etruscan Shrew


Tikus kesturi Etruscan ( Suncus etruscus ), juga dikenal sebagai tikus Kesturi Pygmy Etruscan atau tikus berang kerdil putih bergigi yang dikenal sebagai tikus terkecil mamalia yang diketahui oleh orang, beratnya hanya sekitar 1,8 gram.Memiliki panjang tubuh sekitar 4 cm ( 1,6 in) tidak termasuk ekor . Hal ini ditandai dengan gerakan yang sangat cepat dan metabolisme yang cepat , makan sekitar 1,5-2 kali dari berat badannya sendiri per hari.

7. Paedophryne amauensis.

Paedophryne Amauensis adalah spesies katak dari Papua Nugini ditemukan pada Agustus 2009 dan secara resmi dijelaskan pada Januari 2012. Dengan panjang 7.7mm katak ini dianggap paling kecil di dunia vertebrata.

6. Paedocypris Progenetica.

Paedocypris Progenetica adalah spesies ikan Cyprinid Endemik dari Sumatera ( Indonesia ) di mana ikan terkecil itu ditemukan di rawa-rawa gambut dan disungai yang agak gelap .

Ini adalah ikan terkecil di dunia dengan kelamin betina yang hanya mencapai ukuran 10.3mm dan jantan 9.8mm. Dengan rekor terkecil pernah dicatat dengan jenis kelamin betina yaitu hanya 7.9mm.

5. Speckled Padloper Tortoise

Speckled Padloper Tortoise( Homopus signatus ) dikenal sebagai kura-kura berbintik.  Speckled Padloper Tortoise adalah kura-kura terkecil di dunia.
Dengan ukuran jantan dewasa hanya 6cm-8cm sedangkan betina dewasa lebih besar dengan ukuran hampir 10cm. Berat rata-rata kura-kura terkecil ini hanya 95-165gram. Kura-kura ini memiliki cangkang pipih dengan tepi sedikit bergerigi.


4. Pygmy Marmoset.

Pygmy Marmoset (Cebuella pygmaea) adalah monyet terkecil dunia di hutan Amazon Basin Barat di Amerika Selatan. Monyet terkecil ini adalah jenis primata didunia dengan berat hanya kurang lebih 100gram dan panjang 6 inci (9 inci bila dengan panjang ekor), hewan ini umumnya ditemukan di hutan cemara dan tepi sungai. 


3. Octopus Wolfi.

Octopus Wolfi adalah gurita terkecil yang ditemukan juga ditetapkan sebagai gurita terkecil pada tahun 1913. Panjang dari gurita ini hanya 1.5cm yang dapat ditemukan di Samudra indo pasifik dan memiliki berat yang tak lebih dari 1 gram.

2. Denise Pinky Seahorse 


Denise Pinky Seahorse adalah kuda laut terkecil yang besarnya hanya tidak sebesar kuku manusia sekitar 16mm yang diukur dari moncong hingga ekornya. Kuda laut ini sangat sulit terlihat karena mereka hidup didekat karang yang sangat mirip dengan mereka. Mereka biasa ditermukan didaerah lautan barat pasifik dikedalaman sekitar 30meter hingga 90meter dari atas permukaan laut.

1. Tardigrades.

Tardigrades juga dikenal sebagai beruang air atau babi lumut, berkaki delapan. Mereka pertama kali ditemukan oleh pendeta Jerman Johann, Agustus Ephraim Goeze pada tahun 1773. Nama Tardigrada diberikan tiga tahun kemudian oleh ahli biologi Italia Lazzaro Spallanzani.
Panjang  Tardigrades sekitar 0.5mm ketika dewasa, terlihat pendek dan gemuk dengan 4 pasang kaki.
Tardigrades hidup dilumut dan sel tumbuhan seperti alga, dan dapat dilihat hanya memakai mikroskop

Bonus

Brookesia Minima Chameleon adalah sejenis bunglon mini yg bisa juga dikatakan terkecil di sejenisnya.
Total panjang maksimum bunglon mini ini adalah 3,4 cm (1,3 inc) panjang untuk betina dan 2,8 cm (1,1 inc) untuk laki-laki. Bunglon mini jantan juga terlihat lebih ramping daripada perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar