Jumat, 25 Maret 2016

5 Hewan Pengubah Sejarah

 1. Laika, Seekor Anjing Kampung.

Pada tanggal 3 November 1957 Laika (tukang mengonggong dalam bahasa Rusia) menjadi hewan pertama yang mengorbit di bumi dan membuka wawasan bagi manusia dengan kapal ruang angkasa Soviet Sputnik 2. Kosmonot anjing membuat misi bersejarahnya hanya 1 bulan setelah peluncuran satelit Uni Soviet tak berawak Sputnik 1 yang memberitahu bahwa kita dapat ke ruang angkasa. Anjing kampung betina (Female Mott atau "muttnik" panggilan orang Amerika) yang dipanggil dengan Laika itu sebelumnya adalah anjing liar yang ditangkap dan dilatih bersamaan dengan anjing-anjing yang berpotensial lainnya. Soviet lebih suka menggunakan anjing liar daripada anjing peliharaan rumahan dan mengaku bahwa Laika bertahan di Sputnik 2 selama sekitar satu minggu sebelum meninggal, pada tahun 2002 diungkapkan bahwa Laika meninggal beberapa jam setelah peluncuran karena terlalu panas dan stres, Sputnik 2 setelah berputar-putar bumi lebih dari 2000 kali dengan bersama Laika didalamnya kembali memasuki atmosfer menuju bumi pada bulan April 1958. Pada bulan Agustus 1960 anjing ruang angkasa Soviet bernama Belka dan Strelka menjadi binatang pertama yang mengelilingi Bumi serta bertahan. Kurang dari 1 tahun kemudian pada tanggal 12 April 1961 pilot Soviet Yuri Gagarin menjadi manusia pertama di ruang angkasa, delapan tahun setelah itu pada tanggal 20 Juli 1969 Amerika menempatkan manusia pertama ke bulan dengan misi Nasa Apollo 11.

2. Cher Ami, Burung Merpati

Cher ami ("teman baik" dalam bahasa Perancis) adalah seekor burung merpati pengantar jenis Black Check Cock yang salah satu dari ratusan burung yang digunakan oleh US Army Signal Corps di Perancis untuk membawa pesan penting (ditempatkan tabung kecil yang diikat pada burung) dari komandan di medan perang. Pada bulan Oktober 1918 Cher Ami terluka parah oleh tembakan musuh namun pesan itu tetap sampai kepada pasukan Amerika dari US Army Mayor " Lost Battalion" Charles Whittlesey untuk divisi infanteri ke-77 yang terjebak disisi bukit timur Perancis selama pertahanan Meuse-Argonne (dikenal juga sebagai pertarungan di hutan Argone) yang dikelilingi oleh tentara musuh. Walaupun pasukan Jerman menembak Cher Ami ketika sedang terbang, prajurit bersayap ini tetap berhasil kembali kekandang dan menyampaikan pesan dari Whittlessey tentang keberadaan lokasi anak buahnya. Akhirnya batalion yang hilang ini dapat di selamatkan dan Cher Ami kemudian dianugerahi Croix de Guerre (medali) oleh pemerintahan Perancis. Cher Ami sang merpati pahlawan meninggal di bulan Juni 1919 dan siburung terkenal ini diawetkan dan dipamerkan di museum Smithsonian Washington DC.

3. Cairo Seekor anjing.

Cairo adalah seekor anjing sejenis Malinois yang pada tanggal 2 Mei 2011 si anjing disertai tim Navy SEAL membunuh pemimpim Al-Qaeda Osama bil Laden dalam serangan di komplek Abbottabad, Pakistan. Misi ini berakhir hampir memakan waktu satu dekade lamanya untuk menangkap dalang dari serangan teroris 9/11. Anjing ini banyak digunakan oleh pasukan militer AS karna kecepatan, penciuman yang tajam dan kekuatan cengkraman rahangnya yang sangat kuat. Sejak serangan Bin Laden keberadaan cairo tetap misteri, ketika Presiden Barrack Obama bertemu dengan SEALs untuk mengucapkan selamat pada mereka, Palnglima juga meminta untuk menemui cairo si anjing pahlawan yang sedang menunggu diruang.

4. Tikus dan kutunya.


Pada pertengahan abad ke-14 sebuah pandemic yang mematikan dijuluki "Black Death" memperkirakan telah membunuh sepertiga dari penduduk Eropa atau sekitar 25 juta orang. Pada saat itu Black Death tidak diketahui, meskipun beberapa orang percaya itu adalah perencanaan oleh orang-orang Yahudi untuk membunuh orang-orang Kristen, sebagian juga percaya bahwa itu adalah akibat hukuman dari Tuhan karena dosa. Penelitian kemudian mengindifikasikan bahwa itu adalah wabah penyakit menular yang disebabkan oleh Yersinia Pestis yang di infeksikan oleh tikus hewan pengerat yang mempunyai kutu yang sudah terinfeksi, dari gigitan kutu itulah wabah terjadi. The Black Death menyebar melalui ruter perdagangan dari Asia tengah ke Eropa yang sempat menciptakan pergolakan sosial dan ekonomi.

5. Seekor Monyet.

Pada awal Oktober 1920, Raja Yunani Alexander sedang berjalan melalui taman ketika anjingnya sedang berkelahi dengan monyet peliharaannya, ketika raja ingin memisahhkan perkelahian itu tiba-tiba monyet lain menyerang dan mengigit sang raja. Luka sang raja menimbulkan infeksi dan meninggal pada tanggal 25 Oktober. Alexander dinobatkan sebagai raja pada usia 27 di bulan Juni tahun 1917. Dari rantai peristiwa yang diikuti kematian Alexander , berkebangsaan Inggris Winston Churchill kemudian berkomentar : " Hal ini mungkin tidak berlebihan untuk berkomentar bahwa seperempat juta orang meninggal karena gigitan monyet ini."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar