Jumat, 11 Maret 2011

15 Makhluk Unik Bawah Laut

Ini beberapa mahluk aneh yang mungkin jarang anda liat..

Venus anemon laut


 Sensus Biota Laut mempunyai banyak spesies makhluk laut. Gambar dibawah ini adalah penangkap lalat Venus anemon laut (Actinoscyphia sp.) dari Teluk Meksiko. Nama umum ini termasuk referensi untuk dua tanaman darat ("Venus penangkap lalat" dan "anemon"), tetapi spesies ini diklasifikasikan sebagai jenis polip. Tanaman ini menutup tentakel untuk menangkap mangsa atau melindungi dirinya sendiri. 

Ubur-Ubur Laut Dalam (Silent scream)




 Ketika diserang oleh predator, ubur-ubur laut dalam (Atolla wyvillei) menggunakan bioluminescence untuk "berteriak" untuk meminta bantuan. Memunculkan cahaya yang luar biasa yang dikenal seperti tampilan alarm.. Ubur-ubur ini difoto oleh ROV Hyper Dolphin timur Jepang Izu-Oshima Island, 2.640 kaki (805 meter) di bawah permukaan. 


Gurita Teluk



Sebuah gurita dalam air (Benthoctopus sp.) sedang duduk di perairan  Teluk Meksiko Alaminos Canyon, sekitar 8800 kaki (2700 meter) di bawah permukaan laut.


Angelfish


 Ratu Angelfish ini (Holacanthus ciliaris) telah tercemari minyak dekat pertambangan minyak di perairan lepas pantai Teluk Texas. Ikan yang berwarnah indah ini sangat disayangkan bila hilang dari peredarannya,,


Amphipod


Hewan yang berada di Teluk Meksiko ini amphipod, sedentaria Phronoma, Dikenal uniknya karena mahluk ini hidup didalam bentuk bungkusan yang hidup juga. 


Imperator Branchiocerianthus



Imperator Branchiocerianthus adalah jenis terbesar hidroid soliter. Hidroid terlihat seperti bunga, tapi mereka benar-benar binatang dengan banyak tentakel. Yang satu ini terlihat oleh Shinkai HOV 2000 di Jepang Sagami Bay pada kedalaman 2.200 kaki (670 meter). 


Loveni Asteronyx


Loveni Asteronyx adalah jenis bintang rapuh yang dikenal sebagai pena laut. Bintang rapuh telah dinodai dari  perusahaan senjata di perairan lepas Sanriku Jepang, pada kedalaman 4.150 kaki (1.265 meter).


Lambis Chiragra (Keong Laba-Laba)



Keong laba-laba (Lambis chiragra) memiliki enam duri di bibir cangkangnya. Cangkang mutiara interior menampilkan tekstur indah jingga dan kuning. Spesies ini terdaftar sebagai "rentan" dalam Daftar Merah hewan terancam Singapura. 


Hydatinidae, Paper Bubble (Gelembung Kertas)



Hewan gelembung bergaris-garis merah (Hydatinidae gen sp..) disebut juga gelembung kertas ini ditemukan di bangkai paus sperma ikan paus di musim gugur Kagoshima, dari Jepang Cape Nomamisaki. Mata kecil nya dilindungi oleh perisai cephalic. "Gelembung kertas" sebenarnya adalah kulit yang sangat tipis yang terlihat seperti kertas putih yang basah. 


Condylactis Gigantea.


Anemone Karibia raksasa (Condylactis gigantea) tumbuh hingga ketinggian sekitar 6 inci (15 cm). Tentakel nya sangat indah dan menarik, tetapi tentakel-tentakel yang indah ini mengandung racun nematocysts-bantalan yang melumpuhkan mangsa anemon laut. 


Hermodice Carunculata


Ulat api laut berjenggot (Hermodice carunculata) adalah jenis bristleworm, dengan kelompok putih bulu di setiap sisinya. Bulu-bulu indahnya mudah menembus daging dan menghasilkan rasa panas terbakar.


Ophiothrix Suesonii
.

Nokturnal Echinodermata (Ophiothrix suesonii) hewan bintang yang rapuh seperti spons. Dengan banyak bulu-bulu besar seperti sejuta tentakel. Mereka sangat umum terlihat di Karibia.


Dragonfish


Bayangkan bila hidup di dalam laut yang gelap secara permanen, dingin, dan makanan sulit ditemukan. Untuk hewan lain mungkin butuh seminggu hingga sebulan untuk menemukan sesuatu untuk dimakan,  Inilah sebabnya mengapa begitu banyak ikan di laut dalam memiliki banyak gigi-gigi yang besar. Dragonfish ini terlihat di lepas pantai Australia, bahkan memiliki gigi pada lidahnya. Ini adalah ikan yang sangat menakutkan.


Sargassumfish


Sargassumfish (Histrio histrio) adalah anggota dari keluarga frogfish (Antennariidae), sekelompok ikan kecil bulat dengan mengintai, menggenggam, sirip dada limblike dengan bukaan insang kecil di belakang dasar, dan ada sirip yang menjulang diatas kepalanya untunk memancing mangsa (dibentuk oleh tulang belakang punggung pertama). Ikan ini biasanya hidup di perairan terbuka dan berhubungan erat dengan gulma Sargassum (Sargassum natans) tetapi sering terhampar ke perairan dekat pantai dan teluk selama badai. Spesimen ini ditemukan di lepas pantai Korea. 


Elpidia Belyaevi


Elpidia belyaevi adalah spesies baru yang ditemukan di dunia laut. Dengan bentuk seperti timun laut ini pertama kali ditemukan di laut Artik dalam.






 Under weird news  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar