Selasa, 05 April 2016

Perbandingan Bumi dengan Planet Lain

Kita mungkin menganggap kitalah yang paling besar atau  kitalah yang hidup di Bumi ini merasa paling besar atau tidak ada sesuatu disana selain planet-planet yang kita pelajari dari sekolah.. Mungkin dari gambar-gambar dibawah ini akan membuka sedikit pemikiran anda,, bahwa kita hanya bagian dari yang terkecil.

Inilah Bumi dimana kita tinggal dan hidup..
Bumi

Dan inilah susunan urutan planet-planet..
tata surya

Jarak antara Bumi dengan Bulan
jarak bumi ke bulan

Dari Jarak antara Bumi dan Bulan, semua planet dalam tata surya kita dapat masuk didalam jarak antara Bumi dengan Bulan.
semua planet

Bumi bila memakai cincin planet Saturnus
bumi dengan cincin

John Brady dari Astronomy Central menghitung kira-kira perlu berapa Bumi hanya untuk masuk ke panjang sisi dari cincin planet Saturnus dan hasilnya adalah 6 Bumi dan juga dapat memuat 764 planet Bumi kedalam Planet Saturnus.
6xbumi
 Bumi kita jika dilihat dari Bulan..
tampak bumi dari bulan
Bumi kita jika dilihat dari Mars..
tampak bumi dari mars
Lihat titik putih kecil disana.. itu adalah Bumi dari jarak 4 milliar mil
tampak bumi dari galaksi

Bumi kita bila dibandingkan dengan Matahari
bumi dan matahari
Besar bukan Matahari kita !!.. Tapi sebenarnya Matahari bukanlah yang terbesar.. Arcturus, 16.000 kali lebih besar dari Matahari kita. Arcturus 110 kali lebih terang dari matahari, namun sebenarnya energi yang dipancarkan 180 kali lebih banyak. Berjarak 36.66 tahun cahaya dari Bumi
arcturus
Alpha Scorpii A. 690 juta kali lebih besar dari volume matahari, memancarkan energi 60.000 kali dari matahari kita, berjarak 604 tahun cahaya dari Bumi.
alpha scorpii a
VY Canis Majoris 2.9 miliar besarnya dari matahari kita, Dengan jari-jari 1800 sampai 2100 kali radius Matahari, berjarak 4.892 tahun cahaya dari Bumi. Jika Bumi diwakili oleh bola dengan diameter 1 cm, Matahari diwakili bola dengan diameter 109 cm, dengan jarak antara keduanya 117 meter. Pada skala ini, VY Canis Majoris memiliki diameter sekitar 2.3 kilometer.
vy canis majoris

Tetapi itu semua hanyalah "kelereng" kecil bila dibandingkan dengan Galaksi kita. Galaksi Bima sakti kita berdiameter sekitar 100.000 tahun cahaya, kurang lebih 950.000.000.000.000.000 kilometer. Tanda panah digambar adalah dimana kita hidup dan lingkaran kuning adalah dimana jarak bintang yang bisa kita lihat pada malam hari. Galaksi bima sakti kita memang sangat besar, namun masih terbilang kecil bila dibandingkan dengan yang lain.
bima sakti

Ini adalah IC 1011 dengan lebar 6.000.000 juta cahaya, 350 juta tahun cahaya dari Bumi dan diperkirakan berusia 12.95 miliar tahun. Luar biasa besar dan ukurannya bukan..
ic 1011
Ini adalah gambar yang diambil oleh teleskop Hubble, didalam sana mengandung banyak galaksi yang tak terhitung jumlahnya.  Setiap galaksi mengandung miliaran bintang-bintang, setiap bintang mengorbit planet-planetnya sendiri
foto dari hubble
Dan semua itu hanya terlihat didalam kotak kecil ini, hanya bagian kecil dari angkasa bukan,,
sebagian kecil dari angkasa
Mari kita lihat ulang dari gambar dibawah ini.. Dari ukuran bumi, tata surya, bima sakti dan lautan galaksi..
perbandingan bumi dan angkasa
Tidak ada yang tahu seberapa luas luar angkasa kita.. Kita hanya hidup di sebutir pasir yang ada dipantai.. Apakah di Galaksi lain ada kehidupan juga seperti Bumi? Ingat kita hanya sebutir pasir disana, dan mungkin sebutir pasir ditempat lain ada Galaksi yang mempunyai kehidupan yang juga sedang mempelajari tentang luar angkasa. Kita tidak sendirian disini...
kita hanya sebutir pasir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar