Rabu, 16 November 2011

kotoran anjing menjadi emas dan listrik



Sudah bertahun-tahun pemerintah New Taipe City dibuat kewalahan dengan banyaknya kotoran-kotoran anjing yang berserakan di jalan-jalan. Warga kota taiwan bagian utara gemar memelihara anjing, tetapi tidak suka mengurus kotorannya.

Dengan cara yang telah lama dipertimbangkan akhirnya muncul ide yang sangat brilian untuk mengatasi banyaknya kotoran anjing ini. Pemerintah taiwan mengumumkan bersedia menukar kotoran anjing dengan emas batangan.

Pemerintah kota taiwan menetapkan bahwa mulai 1 Agustus warga yang memiliki peliharaan anjing bisa menukarkan  kotoran anjingnya  dengan tiket undian untuk mendapatkan emas.  Chen Chao-mint, seorang pejabat Departemen Perlindungan Lingkungan mengatakanya melalui telepon..
 

Tiket undian yang didapat akan ditukarkan dengan emas dengan berat dan nilai yang berbeda-beda. Emas yang disediakan mulai dari harga  NT$ 12.000 hingga lebih dari NT$ 60.000. 
"Kami percaya ini mengukur inovatif akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah," kata Chen. Dengan undian ini kami berharap masyarakat lebih memperhatikan sanitasi lingkungan dan memiliki peran lebih aktif dalam menjaga lingkungan yang bersih," Chen Chao Mint.

Ini bukanlah salah satunya cara pemerintah taiwan untuk menjaga kebersihan kotanya. Pemerintah taiwan  juga mendorong penduduk setempat untuk membentuk tim patroli untuk lingkungan sekitar dan untuk mendidik warganya untuk mengetahui pentingnya membersihkan kotoran binatang peliharaan mereka.

Selain itu penduduk juga bisa mendapatkan hadiah berupa uang jika seseorang melihat penduduk yang sengaja meninggalkan kotoran anjing peliharaanya dan melaporkannya sehingga pelapor tersebut akan mendapatkan hadiah berupa uang.   
Kira-kira darimana pemerintah taiwan mendapatkan uang atas hadiah-hadiah tersebut??. Dana yang akan diberikan tuk mendapatkan emas atau berupa uang didapatkan dari pelanggar tersebut, "Pelanggar akan dikenakan denda antara NT$ 1.200 sampai dengan NT$ 6.000. Setengah dari denda itu akan digunakan untuk hadiah bagi informan," tambah Chen..


Ide solusi yang berkembang untuk menanggulangi kotoran anjing.


Sebagai pemilik anjing kami pun kadang bingung harus buang kemana  kotoran dari anjing peliharaan kami, jadi kami menciptakan solusi yang terbaik bagi siapapun.

Proyek Park Spark adalah sebuah proyek yang dapat mengubah kotoran anjing menjadi sumber listrik yang bisa digunakan untuk kepentingan di lingkungan sekitar mulai dari penerangan lampu sampai listrik untuk toko-toko kecil.

Pembangunan Park Spark akan difokuskan pada area-area atau taman-taman yang biasa dijadikan ajang bermain para anjing membuang kotorannya.

Nantinya di sebuah taman akan dibuat sebuah tangki yang akan mengubah gas metane yang dihasilkan oleh kotoran dan kemudian akan mengubahnya menjadi sumber listrik.

Sebagai pemilik anjing, tentu saja anda berkewajiban untuk membuang kotoran yang ada ke lubang yang telah disediakan dan kotoran anjing akan diproses menjadi sumber listrik.

Saat ini proyek Park Spark sudah diterapkan di taman anjing, Cambridge, Massachusetts dimana hasil listrik digunakan untuk menerangi lampu jalan disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar